Puisi; Apa Kabar !


Apa Kabar !
Karya; Syukri Isa Bluka Teubai


Kalian yang di timur sana 
aku hanya bisa bertanya apa kabarmu hari ini?

Juga tentunya aku berharap 
semoga kalian baik baik sedia, bahpun perang masih bersahaja.

Aku ingin bertanya tentang kalian, 
aku ingin tahu tentang kalian, 
kerana nasib kita pernah sama, 
bising bising peluru pernah dan sampai sekarang 
melodi melodi itu masih menemani kalian yang di ujung timur.

Namun, aku hanya bisa menyampaikan 
dan ini bukan pesan tapi melainkan sebuah ingatan, 
aku sudah merasakan.

Bahawa bila emasmu tak lagi berkerak, 
serpihan serpihannya tiada lagi kau lihat nampak 
di sa'at itulah mereka akan melepaskanmu.

Tapi, jika semua itu belum habis dikeruk 
jangan berharap, damai berada di pihakmu.

Di masa aku hanya bisa menyapa, 
bertanya tentang kabarmu, 
di masa aku juga membaca menanti akan berita, 
nyawa nyawa melayang, 
jiwa jiwa yang tak berdosa berpisah dengan keluarga.

Baca juga puisi yang berjudul; 26 Desember.

Ayah, berpisah dengan anak anaknya, 
para suami berpisah dengan istri istrinya, 
perang terus menerjang, 
bising peluru pecahkan kedamaian malammu yang sunyi.

Aku tahu, terkadang juga kau khawatir, 
siapa yang tidak akan merasai itu 
kerana nyawa taruhannya.

Duhai kalian yang di timur, 
sekalian do'a senantiasa menyertai kita semua.

Sampai kapan pun dan semua manusia menyadari 
bahawa perang bukanlah solusi.

Salam hangat dariku, Syukri Isa Bluka Teubai untuk semua kalian 
yang di ujung timur sana.

Aceh, 03 Januari 2019.

Syukri Isa Bluka Teubai, penyuka sastra dan bukan penyair.

Post a Comment

0 Comments