Bahasa Aceh dan Persamaannya Dengan Bahasa Inggris


Bahasa Aceh dan Persamaannya Dengan Bahasa Inggris
Oleh; Syukri Isa Bluka Teubai

Saban hari aku memperhatikan, berhingga aku menulis tentangnya (bahasa aceh dan persamaannya dengan bahasa inggris), iya, kerana memang sama. Hanya sahaja penyebutan dan artinya yang berbeda, jika sudah di dalam bahasa masing masing.

Aku belum mahu memberikan contoh dulu, biarlah di paragraf selanjutnya aku memberi contoh kepada kalian, sengaja aku tidak memberi contoh dulu di sini. Kerana akan sedikit tulisanku, jika aku langsung memberi contohnya.

Dan ketika aku terus menulis, memberitahukan kalian bahwa di paragraf selanjutnya akan kuberi contoh persamaan antara bahasa aceh dan bahasa inggris, maka tulisanku ini semakin panjang sahaja dan akan menjadi beberapa kata, sampai memenuhi syarat sebuah tulisan.

Baiklah, sekarang kita memasuki kepada contoh bahasa aceh dan bahasa inggris, sama dalam kata berbeda dalam arti dan penyebutannya;

Contoh Bahasa Inggris;     That= itu, kalimatnya; look at that tree.
                                                To=ke, kalimatnya; belong to me.
                                                How=bagaimana, kalimatnya; how are you.
Dan banyak lainnya.

Contoh bahasa aceh;         That= kata bantu, kalimatnya; get that itam kah.
                                                To=dekat, kalimatnya; bek to that keno.
                                                How=berhenti, kajet inan, how, how!
Dan banyak lainnya.

Ketahuilah, bahwa bahasa aceh ini tidak hanya sama dengan bahasa inggris sahaja, tapi hampir sama dengan semua bahasa yang ada di dunia ini.


Dan contoh kalimat di atas itu, hanya sedikit sahaja kuuraikan di sini, untuk kalian. Maka kukatakan bahasa aceh sama dengan bahasa inggris. Sangat banyak lagi contoh contohnya yang lain kawan.   

Syukri Isa Bluka Teubai, Penyuka Sastra.

Post a Comment

0 Comments